Rabu, 04 Oktober 2017

Bunga Kencana Ungu Bermanfaat Bagi Tubuh Manusia

KENCANA UNGU
==============>

Bunga kencana ungu merupakan jenis bunga kencana yang dibedakan berdasarkan warna bunganya. Warnanya yang cerah berwarna ungu mampu menarik perhatian banyak orang. Maka tak heran jika bunga ini bisa dijadikan sebagai salah satu bunga hias untuk mempercantik penampilan taman rumah Anda. Namun kegunaan bunga ini tidak hanya sampai di situ saja. Anda dapat memanfaatkannya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit tubuh. Kandungan senyawa alami yang terdapat dalam bunga kencana ungu akan membantu tubuh Anda melawan penyakit yang menyerang. Tidak hanya bunganya saja yang berkhasiat, namun bagian daun dari tanaman bunga ini bisa juga Anda jadikan bahan herbal yang menyehatkan. Jika Anda ingin mencoba menyehatkan tubuh dengan pengobatan herbal, maka Anda perlu mencoba daun dan bunga yang satu ini. Konsumsi sesuai dosis akan mencegah beberapa efek samping pada tubuh. dan ternyata bunga kencana Ungu juga memiliki khasiat serta manfaat yang sangat bagus untuk tubuh dan juga sangat bagus untuk meningkatkan stamina jaringan organ vitalitas karna bunga kencana ungu memiliki kesamaan manfaat dengan Obat Forex sehingga mampu memperkasa dan menigkatkan ereksi stamina energi pada jaringan organ vitalitas dengan sempurna . Bunga kencana ungu atau yang memiliki nama latin Ruellia Tuberosa.L merupakan salah satu tanaman liar yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Di beberapa daerah tanaman ini memiliki nama panggilan yang berbeda-beda seperti pletekan, ceplesan, pletikan, ptetekan, atau ceplikan. Sebagai tanaman liar bunga kencana ungu cukup mudah kita temukan di berbagai tempat. Ia bisa dikenali dari bunganya yang berwarna ungu serta biji yang berwarna hijau dan bentuknya lonjong. Biji ini ketika sudah tua akan berubah warna menjadi coklat.Bagian tanaman yang biasa digunakan sebagai obat adalah daun dan bunganya yang biasanya direbus untuk diambil airnya dan kemudian diminum .

Pernahkah Anda mendengar nama tanaman ini? Nama tanaman ini mungkin saja terdengar asing, tetapi hampir kebanyakan orang tentu pernah melihatnya, karena tanaman ini termasuk juga tanaman liar yang gampang tumbuh di sembarang tempat.

Tanaman kencana ungu mempunyai banyak sebutan, salah satunya pletekan, pletikan, ceplesan serta lain sebagainya. Untuk anak-anak kecil, tanaman ini termasuk juga mainan yang mengasyikkan, karena bijinya bisa meledak atau pecah (meletek, dalam bhs Jawa) sesudah dimasukkan air atau dikenai air liur.

Dibalik keindahan bunga serta sensasi ledakan bijinya yang mengasyikkan, ternyata kencana ungu memiliki kandungan manfaat yang mengagumkan untuk kesehatan, terlebih untuk menyembuhkan penyakit diabetes mellitus.

Dari Buah serta Daun - Sempatkah Anda mendengar mengenai tanaman kencana ungu? Nama tanaman ini mungkin saja terdengar asing, tetapi nyaris kebanyakan orang tentu pernah memandangnya, lantaran tanaman ini termasuk juga tanaman liar yang gampang tumbuh di sembarang tempat. Tanaman kencana ungu mempunyai banyak sebutan, salah satunya : pletekan, pletikan, ceplesan serta lain sebagainya. Untuk anak-anak kecil, tanaman ini termasuk juga mainan yang mengasyikkan, lantaran bijinya bisa meledak atau pecah (meletek, jawa) sesudah dimasukkan air atau dikenai air liur. Di balik keindahan bunga serta sensasi ledakan bijinya yang mengasyikkan, nyatanya Tanaman Kencana Ungu memiliki kandungan manfaat yang mengagumkan untuk kesehatan, terlebih : penyakit diabetes mellitus

Ciri khas tanaman ini adalah selain bunganya yang berwarna ungu, bijinya yg berbentuk lonjong berwarna hijau dan ketika tua berubah berwarna coklat. Letak uniknya adalah pada saat biji yg berwarna coklat ini dimasukkan ke dalam air, atau terkena air ludah, maka dalam hitungan 3, 4, atau sekitar 5 detik bijinya akan pecah meletek, salah satu sebab kenapa dinamakan tanaman pletekan.Terinspirasi dari thread diskusi di kaskus tentang tanaman yang ampuh untuk diabetes dan khasiatnya menurunkan gula darah dibuktikan sendiri oleh orang tuanya. Tapi juga ada efek samping, lihat di akhir artikel.Dalam trit tersebut, orang tua TS terkena penyakit Diabetes yang sangat tinggi yaitu kisaran 400-500 sedangkan pada orang normal akan melebihi 120 mg/dl dan penyakit diabetes sudah diderita orang tuanya selama 4-5 tahun. setelah berobat kemana-mana namun tidak membuahkan hasil yang memuaskan akhirnya mereka berobat secara alternatif dan disarankan untuk mengkonsumsi rebusan daun kencana ungu / pletekan secara teratur. Setelah beberapa waktu mengkonsumsi rebusan daunya orang tua TS ternyata kadar gula darahnya bisa normal kembali.

MANFAAT BUNGA KENCANA UNGU
============================>

- Ramuan daun kencana ungu terkenal akan manfaatnya dalam mengatasi penyakit diabetes. Caranya dengan meminum air rebusan daun kencana ungu yang diminum 2 kali sehari, 1 gelas di pagi dan sore hari. Tanaman ini dapat memberi efek menurunkan kadar gula darah. Namun pemakaiannya tidak boleh berlebihan, jika kadar gula darah sudah normal hentikan pemakaian. Dan bagi penderita diabetes yang memiliki kompliksi ginjal sebaiknya juga menghindari obat ini karena dapat berakibat buruk pada hati dan ginjal.

- Mengatasi peradangan Radang dapat timbul sebagai reaksi dari sistem kekebalan tubuh kita terhadap gangguan yang ditandai dengan bagian tubuh yang terasa nyeri, memerah, atau tanda-tanda lainnya. Untuk mengatasinya kita dapat menggunakan manfaat bunga kencana ungu sebagai salah satu alterntif obat alami untuk menanggulangi peradangan .Khasiat bunga kencana ungu juga bisa digunakan untuk meredakan peradangan yang ada di tubuh Anda. Kandungan senyawa alaminya akan membantu tubuh Anda untuk meredakan gejala radang yang muncul.

- Mencegah hipertensi Tekanan darah tinggi dapat dicegah dengan mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Selain dengan menjaga asupan makanan tekanan darah juga bisa dikontrol dengan cara mengonsumsi ramuan bunga kencana ungu

- Manfaat bunga kencana ungu yang pertama yaitu dapat menyehatkan saluran kemih Anda. Saluran kemih merupakan saluran tubuh untuk buang air kecil. Jika saluran ini sehat tanpa penyakit maka buang air kecil Anda juga akan menjadi lancar.

- MManfaat bunga kencana ungu dapat mencegah pendarahan yang berlebihan. Bunga cantik ini bisa menekan darah yang keluar dari tubuh Anda sehingga kadar darah dalam tubuh tetap terjaga. Manfaat ini berguna ketika Anda terluka dan mengalami pendarahan yang cukup banyak.

- Menyehatkan syaraf dengan cara yang cukup mudah bisa Anda lakukan dengan bunga kencana ungu. Bunga unik mampu memberikan perlindungan yang cukup baik dalam mencegah terjadinya penyakit pada syaraf di tubuh Anda.

Manfaat dan Khasiat Bunga Kencana Ungu Lainnya:

    Mengatasi penyakit borok
    Mengobati penyakit kencing manis
    Mencegah penyakit diabetes
    Mengobati kencing batu
    Anti penyakit ISK


Daun dan akar tumbuhan pletekan (Ruellia tuberose L) mengandung saponin. Saponin merupakan kelompok senyawa dalam bentuk glikosida terpenoid atau steroid. Pembentukan busa yang mantap sewaktu mengekstrasi tumbuhan atau waktu memekatnya ekstrak tumbuhan merupakan bukti adanya saponin. Disamping itu, daunnya juga mengandung polifenol dan akarnya mengandung flavonoida. Ekstrak Ruellia tuberose L dapat berperan sebagai hydrogen atau electron donor dan bereaksi dengan radikal bebas, mengubahnya kedalam produk yang lebih stabil sehingga mampu menghentikan reaksi rantai radikal tersebut. Aktivitas antioksidan dari Ruellia tuberose L merupakan sumber alami phenolic antioksidan untuk antioksidan nutraceutical. Sehingga, Ruellia tuberosa L dapat dikembangkan sebagai antioksidan yang efektif untuk melawan beberapa penyakit degenerasi oksidatif seperti kanker ataupun penyakit liver yang merupakan pemicu timbulnya diabetes mellitus.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ullah dengan menggunakan hewan coba kelinci, diketahui bahwa toksisitas pada penggunaan esktrak methanol dari Ruellia tuberosa L adalah jika digunakaan melebihi dosis 5000 mg/kg. Hal ini ngindikasikan bahwa tanaman ini bukanlah tanaman beracun. Lebih lanjut, mereka menyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang timbul dan teramati pada berbagai macam dosis perlakuan hingga penelitian mereka berakhir.Dari keterangan diatas cukup jelas akan potensi dari tumbuhan tropis ini sebagai obat alternatif yang bisa dikembangkan untuk menagatasi diabetes mellitus. Mengingat tidak semua orang cukup punya uang untuk membeli insulin dan melakukan perawatan lain, maka diharapkan dengan potensi yang tersedia, tumbuhan ini bisa menjadi jawaban akan mahalnya treatment penyakit diabetes mellitus.

Daun tanaman kencana ungu atau pletekan begitu bagus untuk melindungi kandungan gula darah tetaplah dalam keadaan normal serta dapat pula turunkan kandungan gula darah yang tinggi pada pasien diabetes. Langkahnya : ambillah satu genggam daun pletekan, rebus berbarengan air seperlunya. Saring serta minum dengan teratur tiap-tiap pagi sesudah sarapan serta sore hari. Perawatan dengan cara teratur bakal bikin pasien diabetes dapat hidup normal, tanpa ada butuh therapy insulin ataupun ke tempat tinggal sakit lagi.

Itulah manfaat dan khasiat bunga kencana ungu untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat bunga yang sehat pula .Demikianlah berbagai manfaat yang bisa kita peroleh dengan menggunakan ramuan manfaat bunga kencana ungu.Hanya saja tanaman ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena penggunaan di atas 5000 mg/kg dapat menyebabkan keracunan sehingga dosisnya harus benar-benar Diperhatikan
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI